Page Review

Rabu, 26 Februari 2014

LANGKAH – LANGKAH INSTALASI KABEL UTP DAN KONEKTOR RJ-45

Kabel UTP terdiri dari 4 pasang kabel berwarna yang masing - masing berpasangan.
Sebelum melakukan instalasi, di harapkan mengetahui 2 jenis metode yaitu :
                                                                  
A. Metode “Straight” (NIC ke HUB)
Alat Bantu yang di butuhkan antara lain:
  1. Tang (crimping tool) UTP yaitu untuk mengelupas pembungkus kabel UPT ± 1,5 cm dari ujung kabel hingga terlihat 4 pasang kabel berwarna.
  2. pisahkan masing masing kabel dengn pasangannya, susunlah kabel dengan urutan dari kiri ke kanan ; putih oranye+ oranye, putih hijau + biru, putih biru + hijau, putih coklat + coklat.
  3. Rapikan dan luruskan kabel tersebut sehingga mudah untuk dimasukkan kedalam Konektor RJ-45.
  4. Potong dan Ratakan ujung kabel UTP dengan menggunakan Tang (crimping tool) UTP
  5. tentukan pin no. 1 s/d no.8 kemudian masukkan kabel tersebut ke konektor RJ-45 sesuai dengan urutan di dalam no.2 di atas.
  6. Dengan menggunakan tang UTP, masukkan Konektor RJ-45 ke dalam tang UTP sesuai bentuk konektor untuk di jepit sehingga kabel-kabel tersebut terkunci pada Konektor RJ-45 itu.
  7. Lakukan hal yang sama untuk ujung kabel lainnya dengan merapikan susunan dan meratakannya dengan tang (crimping tool) UTP.

Keterangan:
  • Metode “Straight” (NIC ke HUB) dari Komputer ke Switch Hub; ujung kabel satu dengan ujung kabel lainnya pada konektor adalah sebaris
  • Susunan kabel dari kiri ke kanan; 1.putih oranye , 2. oranye, 3. putih hijau, 4. biru, 5. utih biru, 6. hijau, 7.putih coklat, 8. coklat.


B. Metode “Crossover” (NIC ke NIC)

Untuk langkah – langkah pemasangannya hamper sama dengan metode straight hanya berbeda susunan kabelnya saja.
  1. Prosedur instalasinya sama dengan metode “Straight”
  2. Susunan kabel dari kiri ke kanan ; putih oranye + oranye, putih hijau + biru, putih biru + hijau, putih coklat + coklat.

Keterangan; 
  • Metode “Crossover”(NIC ke NIC) dari Komputer ke Komputer; ujung kabel satu dengan ujung kabel lainnya pada konektor RJ-45 adalah bersilangan yaitu kabel no, 1,2,3 dan 6.
  • Susunan kabel dari kiri ke kanan ( Sisi Kiri) ; 1. putih oranye, 2. oranye, 3. putih hijau, 4. biru, 5. putih biru, 6. hijau, 7. putih coklat, 8. coklat.
  • Susunan kabrl dari kiri ke kanan (sisi Kanan) ; 1. Putih hijau, 2. Hijau, 3. Putih oranye, 4. Biru, 5. Putih biru, 6. Oranye, 7. Putih coklat, 8. Coklat.

Kemudian uji kabel yang baru saja di buat dengan mancolokan ujung konektor RJ-45 ke masing masing tempatnya sesuai metode kabel yang telah di buat yaitu dengan Mencolokkan kabel jaringan ke kartu jaringan pada tiap PC. Setelah itu, ujilah koneksi antar PC. Caranya : dengan klik menu “star*run” lalu ketikan perintah “ping 192.168.0.1 –t atau 192.168.0.2 –t “dari salah satu computer yang terhubung kabel jaringan UTP. Jika terdapat pesan “reply from 192.168.0.2” berarti sudah terjadi atau sudah terdapat koneksi (terhubung), namun sebaliknya jika belum muncul pesan tersebut seperti di atas, berarti ada kemunginan adanya kabel yang belum terpasang di pengait konektor RJ 45nya atau adanya kemungkinan terbalik posisi pemasangan kabel ke dalam konektor RJ 45. coba periksa kembali.
                                                           

Jika anda menggunakan Windows XP, maka ikuti langkah berikut ini untuk membagi pakai computer kerja anda.

  • klik kanan folder yang ingin anda bagi, kemudian pilih properties.
  • Kemudian, klik lembar sharing dan klik share this folder. Dalam kotak share name anda dapat merubah nama folder yang akan anda bagi pakai, jika tidak maka biarkan apa adanya.
  • Kemudian kik tombol permissionpastikan bahwa everyone telah tertera dalam kotak group or user names.
  • Kemudian klik tombol ok.
  • Jika belum ada, klik tombol add lalu lalu masukkan Everyone ke dalam kotak Enter the object names to select.
  • Kemudian klik ok. Dan ok. Lagi
  • Setelah itu pada jendela yang muncul, pilih lembar security. Pastikan lembar Everyone telah muncul dalam kotak group or user names.
  • Setelah itu, kliklah Everyone di bawah kotak group or user names. Kemudian dibawah pilihan permission to everyone, beri tanda centang dengan mengklik Allow untuk pilihan “Read & Execute, List folder contens, dan Read” untuk memungkinkan pengguna lain dapat melihat isi folder yang akan di bagi pakai (sifatnya hanya melihat saja dan tidak bisa menyunting, mengubah bahkan menghapus isinya)
  • kemudian klik Apply dan Ok.
  • Untuk dapat mengakses jaringan atau melihat isi computer lain yaitu dengan cara “ klik start*my network place”. Kemudian di bawah jendela network tasks, “klik view workgroup computer” lalu akan muncul computer yang akan di akses, kemudian “klik dua kali” komputer tersebut maka akan muncul folder yang dibagi pakai. untuk mengaksesnya,” klik dua kali folder tersebut dan anda akan bisa melihatnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Nabilah jkt 48

Nabilah jkt 48